Untuk Anda yang bingung mengenai bagaimana cara cara membuat company profile yang baik dan benar. Nah, artikel berikut ini tepat untuk membantu Anda! Melihat dari jenis medianya, macam-macam company profile ini terbagi atas company profile brosur, company profile buku, company profile website, dan company profile video. Jenis company profile yang paling gampang dapat dibuat yaitu berbentuk brosur cetak. Sebab hanya berupa desain brosur yang jumlahnya 1 hingga 2 lembar saja. Memuat profil perusahaan, mulai dari sejarah singkat, visi & misi, dan juga produk maupun jasa yang ditawarkan di dalamnya.
Apabila media cetak brosur terlalu singkat, perusahaan biasanya juga membuat company profile yang berbentuk buku, sehingga isinya lebih tebal. Isinya selain profil secara umum sebuah perusahaan, di dalamnya juga memuat foto pimpinan, karyawan, dan berbagai kegiatan di perusahaan. Seiring meluasnya pemakaian internet, tiap-tiap perusahaan juga melakukan strategi promosi online via internet. Salah satunya yaitu membuat web perusahaan.
Di dalam company profile berbentuk website memuat informasi penting mengenai profil perusahaan secara umum sampai biodata jajaran pimpinan. Saat ini kebanyakan perusahaan lebih tertarik membuat company profil yang berbentuk video. Lantaran bentuknya lebih menarik serta fleksibel untuk diunggah ke berbagai platform. Mulai dari website, sosial media, sampai ketika presentasi ke klien atau calon investor lewat PPT. Lantas, apa itu company profile?
Pengertian dan Cara Membuat Company Profile yang Baik dan Benar
Pengertian company profile adalah perkenalan secara tertulis yang berisikan informasi mengenai sejarah perusahaan, visi misi, nilai, tujuan bisnis, produk serta fakta-fakta yang lain sebagai bukti reputasi profesional di dalam dunia bisnis. Fungsi company profile perusahaan ini ada banyak.
Pertama memberikan gambaran mengenai bisnis sebuah perusahaan terhadap target audiens, sehingga mereka mengetahui apa yang berusaha ditawarkan perusahaan dalam rangka memenuhi kebutuhan mereka.
Kemudian membantu untuk menciptakan brand story. Perusahaan bisa menceritakan bagaimana sejarah perusahaan di dalam bisnis, apa yang berusaha mereka capai dan mereka tawarkan terhadap audiens hingga pencapaian yang berhasil mereka raih. Hal ini cukup penting lantaran di dalam dunia bisnis, brand story merupakan salah satu cara terbaik untuk menjalin koneksi dengan mitra yang potensial.
Company profile perusahaan membantu dalam mempromosikan brand. Profil perusahaan membantu untuk mempromosikan brand sebuah perusahaan di tengah masyarakat.
Mengkomunikasikan keunikan dari karakter perusahaan. Bukan hanya diperuntukkan kepada klien potensial, informasi dalam company profile perusahaan, juga berfungsi menunjukkan keunikan perusahaan tersebut di mata para investor, mitra, sampai para pelamar kerja.
Salah satu kunci sukses branding yaitu terletak pada pembuatan company profile. Sehingga, tidak heran banyak orang yang mencari contoh company profile, template company profile atau berburu jasa pembuatan company profile yang menawarkan pricelist pembuatan design company profile, website company profile, maupun video company profile dengan harga paling hemat.
Lantas, seperti apa cara membuat company profile yang bagus itu?
Cara Membuat Compro yang Bagus
Mempunyai tampilan company profile yang bagus tentunya lebih mengundang ketertarikan seseorang untuk membaca serta mengetahui isi compro Anda. Supaya tampilan company profile perusahaan Anda bagus, Ada bisa mengikuti cara pembuatan compro yang baik dan benar berikut ini.
- Buatlah profil perusahaan Anda secara singkat, padat, dan jelas agar lebih efektif serta efisien
- Cara membuat company profile yang bagus yaitu tidak perlu bertele-tele (basa basi), langsung saja jelaskan pokok persoalan persoalan yang hendak Anda sampaikan kepada audiens
- Data yang tertuang di dalam company profile haruslah terjamin keakuratannya
- Informasi yang tersaji di dalam compro juga sebaiknya up to date.
- Sajikan compro dengan cara yang kreatif atau semenarik mungkin
Cara Membuat Company Perusahaan dalam Bentuk Buku atau Brosur
Apapun bentuk compronya, Anda harus merancang bahan atau materi, kata-kata, serta informasi mengenai perusahaan, Konten itu harus berisikan:
- Cover depan atau front (wajib ada)
- Kata pengantar atau sambutan direktur (opsional)
- About us / profil / tentang kami/ sejarah singkat (wajib ada)
- Visi dan misi (wajib ada
- Produk atau jasa perusahaan (wajib ada)
- Kelebihan (opsional tapi penting)
- Pengalaman perusahaan (opsional)
- Gallery foto (opsipnal)
- Daftar klien
- Cover belakang dan kontak informasi (wajib ada)
Contoh Company Profile Perusahaan
Apabila Anda masih bingung dalam memilih bentuk atau design company profile yang hendak Anda buat. Berikut ini contoh company profile, baik dalam media cetak maupun digital yang dapat Anda jadikan pilihan.
1. Contoh Company Profile Word
Contoh company profile dengan template Word dapat Anda klik link-nya berikut ini. Lalu silahkan pilih template company profile yang relevan dengan kebutuhan perusahaan. https://poweredtemplate.com/word-templates/index.html.
2. Contoh Company Profile Brosur
Brosur dapat menjadi media untuk memperlihatkan compro secara singkat terhadap klien. Berbentuk ringan dan tipis, sehingga cukup efektif sebagai media pengenalan atau promosi. Brosur company profile menonjolkan gambar, tulisan, serta desain unik.
3. Contoh Company Profile Buku
Buku pun dapat menjadi media dalam rangka memberi informasi compro secara lengkap. Perusahaan harus membuat cover, daftar isi, visi misi, jasa atau produk, keunggulan, serta pencapaian secara mendetail & berurutan.
Cara membuat company profile dalam bentuk buku yang bagus adalah penyampaian kalimatnya haruslah singkat dan padat. Desain bukunya pun harus menarik supaya audiens tidak bosan ketika membaca profil perusahaan Anda.
4. Contoh Website Company Profile
Website company profile adalah sebuah situs yang menampilkan profil sebuah perusahaan atau bisnis secara detail. Dengan adanya situs compro ini, orang bakal lebih gampang dalam mendapatkan informasi sehubungan dengan perusahaan.
Cara Membuat Website Company Profile
Cara membuat company profile dalam bentuk situs atau website, kini bukanlah hal yang sulit. Bahkan untuk pemula yang belum memiliki kemampuan coding sekalipun. Untungnyam, terdapat WordPress sebagai CMS pembuat website yang praktis dan gampang untuk Anda pergunakan. Lantas, bagaimana cara membuat website company profile itu?
- Silahkan install WordPress
- Lakukan login ke dashboard WordPress. Untuk mengelola website, sesudah WordPress terinstall, saatnya Anda login ke bagian dashboard WordPress dengan cara menambahkan kata “wp-admin”. Contoh www.namadomain.com/wp-admin/. Kemudian masukkan username dan password
- Pilihlah tema yang tersedia di WordPress
- Lengkapi identitas perusahaan seperti nama, tagline, logo, serta favicon. Caranya yaitu
- Klik “Appearance”, lalu pilih “Customize”
- Tekan “Site Identity” hingga muncul kolom yang harus Anda isi, yakni “Site Title” untuk menulis nama perusahaan, dan “Tagline” untuk tagline perusahaan, “Logo” untuk logo perusahaan, serta “Site Icon” untuk menunjukkan gambar yang muncul pada tab browser.
- Buat halaman. Di dalam sebuah website company, setidaknya terdapat 3 halaman yang harus ada.
- About Us (profil perusahaan)
- Contact Us (kontak perusahaan yang dapat dihubungi)
- Produk/layanan yang ditawarkan
- Silahkan atur homepage (halaman utama) agar statis dengan cara:
- Buka “Appearance”, lalu pilih “Customize”
- Klik “homepage setting”, kemudian tekan “A Static Page”
- Pilih “Sample Page” apabila Anda ingin menemukan homepage yang menarik.
Cara Membuat Video Company Profile
Di dalam membuat video company profile Anda dapat membahas tujuan dan juga visi misi perusahan kepada audiens. Video yang hendak Anda buat haruslah sesuai dengan karakter atau jenis bisnis yang Anda jalani.
Cara membuat company profile dalam bentuk video harus tersusun dengan baik serta memperhatikan inti dan tujuan pembuatan video. Sehingga pesan bisa tersampaikan. Tahapan cara membuat video company profile adalah sebagai berikut:
- Pikirkan konsep dan isi video company profile
- Silahkan tentukan durasi video
- Proses shooting
- Editing
- Video company profile harus seimbbang dan menarik
- Finishing
Nah, itu tadi cara membuat company profile beserta contohnya baik media cetak maupun digital. So, apakah perusahaan Anda siap untuk membuat company profile dalam rangka melakukan branding yang lebih baik lagi? Jika Anda menemukan kesulitan, Anda bisa menghubungi jasa pembuatan company profile Jepret Production. Jepret Production merupakan production house yang menawarkan jasa pembuatan company profile profesional dan juga berkualitas, dengan harga bersahabat.
Jepret Production bakal merancang compro yang akan menggambarkan bisnis anda sebagai market leader. Company Profile yang kami hasilkan profesional, modern, berkelas, dan brandable. Dengan dukungan tim desainer grafis yang handal, kami siap mengintegrasikan tata layout, tipografi, grafis pendukung, warna, serta aspek lain se-eye catching mungkin demi menciptakan kesan visual mendalam terhadap audiens.