Cara Membuat Video Animasi Pembelajaran di Kinemaster

Cara membuat video animasi pembelajaran di Kinemaster sangat penting untuk Anda ketahui dan pelajari, apalagi saat akan mengajar secara online. Pasalnya dalam proses pembuatannya, Anda dapat memanfaatkan sebuah aplikasi edit video, sebut saja seperti Kinemaster.

Kinemaster sendiri merupakan platform yang sering digunakan, biasanya oleh para penyedia Jasa Video Animasi pada umumnya agar hasilnya lebih bagus. Namun versi yang paling banyak digunakan yakni versi Android, sebab jauh lebih mudah dalam penggunaannya.

Saat ini juga sudah ada banyak Jasa Pembuatan Video Animasi yang bisa Anda gunakan dalam proses pembuatan berbagai macam jenis video, termasuk animasi. Sebut saja seperti Jepret Production yang menawarkan layanan terbaik bagi semua pelanggan, termasuk Anda untuk menciptakan video dengan hasil bagus.

Cara membuat video animasi pembelajaran di Kinemaster

 

Begini Cara membuat Video Animasi Pembelajaran di Kinemaster yang Mudah

Untuk membuat sebuah video pembelajaran di HP Android, sebenarnya bukan perkara yang sangat sulit, hanya saja membutuhkan aplikasi khusus. Sebut saja seperti Kinemaster ini yang sudah memiliki banyak pengguna, seperti para Youtuber bahkan sampai Production House sekalipun telah memanfaatkannya.

Selain itu untuk membuat video animasi memang memiliki tantangan tersendiri bagi semua orang yang akan membuatnya. Sebab daripada pembuatan video biasa, justru pembuatan video animasi seringkali lebih rumit dan susah.

Hal ini karena dalam proses pembuatan video animasi Anda harus bisa menciptakan objek yang akan Anda jadikan video terlebih dahulu. Meski demikian, tidak berarti proses pembuatan video animasi tidak bisa kita pelajari begitu saja. Sebab ada beberapa trik yang mudah dan bisa Anda lakukan.

Siapkan Musik, Gambar, Materi, dan Tulisan Sebelum Membuat

Cara Membuat Video Animasi Pembelajaran Di Kinemaste
computerhoy.com

Sebelum lebih lanjut ke cara membuat video animasi pembelajaran di Kinemaster, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuatnya. Pertama-tama Anda harus sudah menentukan musik atau lagu yang akan Anda gunakan dalam proses pembuatan video tersebut.

Selanjutnya carilah sumber gambar atau objek yang akan Anda gunakan untuk membuat video animasi tersebut dengan benar. Tidak hanya itu saja, melainkan carilah materi pembelajaran serta tulisan yang sesuai agar saat video diputar bisa sesuai dengan gambar dan tujuan.

Nah, untuk tulisannya, Anda seharusnya menggunakan tulisan yang singkat saja. Namun padat dan juga lebih jelas serta mudah dipahami semua orang. Sehingga point pembelajaran yang Anda buat dapat diterima dengan baik oleh para audiens atau penonton video tersebut.

Download Aplikasi Kinemaster

Cara membuat video animasi pembelajaran di Kinemaster, maka tahapan pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal aplikasi Kinemaster. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, Anda bisa mendownloadnya di layanan Google Play Store maupun App Store sekarang juga.

Jika sudah berhasil mendownload di HP Android, kemudian langsung buka saja aplikasi tersebut. Kemudian memilih rasio 16:9. Nah, rasio ini bisa menjadi pilihan apabila Anda menginginkan video horizontal.

Namun Anda juga dapat menentukan sendiri rasio video yang lain sesuai dengan video yang akan Anda buat untuk pembelajaran tersebut. Jika sudah maka tahap berikutnya langsung masuk saja ke dashboard, pilih Media dan tentukan gambar mana yang akan Anda gunakan.

Pilih Lapisan

Cara Membuat Video Animasi Pembelajaran Di Kinemaster
marketsplash.com

Cara membuat video animasi pembelajaran di Kinemaster tahap selanjutnya adalah memilih Lapisan. Dari sini, Anda dapat menambah layer barunya. Yakni khusus untuk media, efek, tulisan, hamparan, hingga doodle-nya.

Jika sudah selesai, maka Anda tinggal memilih media yang akan Anda tambahkan, misalnya seperti gambar, animasi maupun yang lain. Sementara untuk duplikasi, maka Anda dapat memilih atau tap titik 3 pada bagian bawa tong sampah kemudian tinggal pilih Duplikasi.

Pada bagian tersebut, maka Anda dapat mengatur posisi objek, apakah akan dipindah ke belakang maupun dikedepankan sesuai keinginan tersendiri. Sedangkan untuk membuat animasinya, maka Anda tinggal pilih objeknya dulu dan klik tanda kunci lalu pilihlah animasi yang Anda inginkan.

Tambahkan Transisi

99designs.com

Cara membuat video animasi pembelajaran di Kinemaster berikutnya tambahkan transisi, caranya juga sangat mudah dan tidak sulit. Pertama-tama posisikan dulu bagian mana yang akan Anda transisikan kemudian pilih tombol gunting lalu masukkan transisi sesuai keinginan.

Dari sana Anda dapat memanfaatkan fitur lain, misalnya seperti opacity atau vignetting guna menurunkan transparansi warna maupun objek. Selanjutnya Anda juga dapat menambahkan sejumlah suara untuk memperjelasnya lebih dalam.

Caranya sangat mudah yakni cukup mengklik bagian Suara kemudian tinggal memilih jenis file suara yang Anda inginkan. Jadi untuk menambahkan musik, maka klik pada bagian Audio, dan pilih musik yang telah Anda siapkan.

Terakhir Anda dapat memotong bagian yang panjang agar sesuai dengan animasi tersebut. Sementara untuk bisa melihat hasil jadinya tap pada bagian tombol Play. Untuk menyimpannya tinggal klik bagikan atau ekspor lalu tunggu sampai proses menyimpan selesai.

Sebenarnya cara membuat video animasi pembelajaran di Kinemaster itu sangat mudah, asalkan Anda paham bagaimana triknya. Selain itu keberadaan Video Animasi seperti ini juga membuat para penonton merasa lebih jelas dan paham terkait isi dari video tersebut.

Related Posts

Leave a comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi Kami!