Perbedaan Iklan Komersial dan Iklan Non Komersial

Iklan non komersial termasuk salah satu jenis iklan yang sering terlihat. Berbagai jenis iklan belakangan ini semakin marak. Bahkan banyaknya inovasi-inovasi yang bermunculan, apalagi dalam ranah digital. Iklan dalam KBBI yang disebut dengan pariwara. Artinya pesan yang bersifat promosi, mengajak, menawarkan, menjual baik berupa jasa, barang, ide, dan yang lainnya.

Iklan merupakan tulisan yang diisi dengan tawaran. Baik yang berupa sebuah jasa atau permintaan kepada khalayak ramai untuk memenuhi sesuatu. Umumnya banyak dijumpai di televisi, media sosial, serta sepanjang jalan-jalan besar yang biasanya berupa video yang ditampilkan pada layar besar. Bahkan ada reklame yang dipasang di pinggir jalan.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua jenis iklan yang ada ditujukan untuk kepentingan mencari keuntungan semata. Akan tetapi, banyak juga iklan lainnya yang menggunakan media iklan sebagai sarana penyebaran berbagai hal positif tanpa menginginkan suatu keuntungan.

Iklan yang ada saat ini terdiri dari dua jenis yakni iklan komersial dan non komersial. Bagi Anda yang tidak mengetahui tentang kedua jenis iklan ini, tentu akan merasa penasaran. Untuk itu, Anda perlu mengetahui hal yang membedakan dari kedua jenis iklan tersebut.

Perbedaan Iklan Komersial Dan Iklan Non Komersial
jepretproduction.co.id

Pengertian Iklan Non Komersial

Saat ini Anda perlu mengetahui tentang iklan yang biasa disebut dengan iklan layanan masyarakat. Iklan yang satu ini memang jauh dengan iklan komersial. Jenis iklan ini yang berisi pesan-pesan moral atau himbauan kepada masyarakat. Tentunya agar dapat melakukan atau menjauhi dan menghindari sesuatu. Iklan ini sama sekali tidak akan menawarkan jasa atau barang di dalamnya.

Umumnya iklan ini lebih mengajak masyarakat untuk memperhatikan lingkungan dan memiliki hidup yang lebih baik. Apabila sudah membaca pengertiannya, maka Anda pasti sudah dapat mengetahui tujuan dari jenis iklan yang satu ini.

Tujuan Iklan Non Komersial

Tujuan iklan ini sendiri tentu berbeda dengan tujuan iklan komersial yang umumnya bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Iklan layanan masyarakat ini memiliki tujuan yakni mengajak masyarakat untuk hidup lebih baik. Selain itu, dapat memberi peringatan kepada para pelanggar lalu lintas. Bahkan iklan ini juga dapat memberi motivasi.

Contoh Iklan

Dengan melihat contohnya, Anda tentu akan mengetahui jenis iklan layanan masyarakat ini seperti apa. Sebenarnya jenis iklan ini dengan mudah Anda jumpai di semua media massa yang ada. Umumnya iklan seperti ini dibuat oleh pemerintah. Selain itu, organisasi-organisasi yang bergerak dalam bidang pemerhati masyarakat.

Iklan non komersial ini memang berbeda dengan iklan komersial yang semata-mata melakukan iklan karena sebuah profit. Oleh karena itu, iklan ini juga dapat dikatakan sebagai iklan non-profit. Iklan ini hanya ingin mengajak masyarakat untuk lebih menghemat air. Apabila sudah selesai menggunakan air, maka perlu untuk segera menutup kran. Namun sebelum membuat sebuah iklan, sebaiknya memperhatikan dari struktur iklan tersebut.

Perbedaan Iklan Komersial Dan Iklan Non Komersial
brainly.co.id

Pengertian Iklan Komersial

Berbeda dengan iklan non komersial, iklan komersial merupakan iklan yang dibuat untuk memasarkan, mempromosikan, hingga mengkampanyekan sebuah produk dan jasa, biasanya dari sebuah perusahaan atau produsen. Produsen akan bekerja sama dengan jasa pembuat iklan dalam memasarkan dan mengenalkan produknya kepada para konsumen.

Sebuah perusahaan akan berusaha melakukan beberapa cara untuk menjual barangnya. Salah satu cara paling ampuh yakni dengan mengiklankan produknya. Bahkan Anda sebagai seorang konsumen pasti sadar akan alasan memilih sebuah produk.

Hal ini kemungkinan karena melihat sebuah produk di TV atau koran. Tujuan dari pembuatan iklan ini memang untuk menarik konsumen. Jenis iklan ini tentu berbeda dengan jenis iklan non komersial.

Tujuan Iklan Komersial

Setiap pembuatan iklan biasanya memiliki tujuan masing-masing. Sama halnya dengan jenis iklan komersial ini. Tujuan iklan komersial ini cukup beragam. Mulai dari membagi sebuah informasi kepada masyarakat mengenai suatu produk, barang atau jasa, merek, serta perusahaan.

Untuk dapat mempengaruhi orang lain yang menjadi sasaran pemasarannya. Hal itu agar bersedia menggunakan dan membeli produk atau jasa yang telah ditulis pada iklan tersebut. Hingga pada akhirnya juga akan mendapat profit.

Perbedaan Iklan Komersial Dan Iklan Non Komersial
jepretproduction.co.id

Ciri-ciri Iklan Komersial

Umumnya iklan menggunakan kata-kata yang persuasive. Artinya iklan ini menonjolkan atau menggunakan bahasa tertentu, sehingga menonjolkan kelebihan dari produk suatu perusahaan. Iklan komersial sendiri memiliki beberapa ciri-cirinya. Iklan ini menggunakan kata atau kalimat yang bersifat persuasif.

Pemilihan kata atau diksi yang digunakan sangat menarik, benar, logis, serta sopan. Hal ini penting agar dapat mudah dimengerti oleh konsumen atau objek pemasarannya. Iklan ini menjelaskan tentang sebuah produk dari sebuah perusahaan. Bahkan biasanya memberikan penawaran berupa sebuah jasa.

Jenis iklan non komersial memang berbeda dengan iklan komersial. Iklan yang dibuat tanpa menginginkan suatu keuntungan. Jepret Production adalah production house yang berpengalaman dan tim yang profesional. Hadir menawarkan beberapa layanan jasa video diantaranya seperti iklan digital.

Leave a comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Hubungi Kami!