3 Tahapan Produksi Pembuatan Video Iklan TVC yang Wajib Kamu Tau

Iklan TVC adalah salah satu media pemasaran yang memiliki tujuan untuk menyampaikan pesan dan mengenalkan produk kepada masyarakat umum melalui video pemasaran.

Di era modern seperti ini video iklan adalah alat marketing yang cukup penting untuk sebuah brand atau perusahaan. Hal ini dikarenakan video dapat menarik lebih banyak konsumen dan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Sehingga dengan iklan video maka penjualan perusahaan akan meningkat.

Ketika perusahaan akan membuat sebuah video iklan, perusahaan dapat mengundang Production House untuk mendiskusikan Jasa video iklan. Perusahaan dapat langsung menunjuk sendiri Production House mana yang akan memproduksi iklan tersebut. Lalu bagaimana tahapan pembuatan video iklan TVC?

Iklan TVC adalah
pexels.com

Tahapan Pembuatan Video Iklan TVC Adalah

Dibawah ini adalah 3 langkah pembuatan video iklan TVC yang wajib kamu ketahui:

1. Proses Pra-Produksi

Tahapan yang pertama dalam pembuatan iklan TVC adalah proses pra-produksi. Pada tahapan ini script dan moodboard yang sudah dibuat sebelumnya atau sudah ada akan dikembangkan lebih dalam oleh sutradara.

Pertama, sutradara biasanya akan menyusun director’s board atau storyboard versi sutradara kemudian diselaraskan dengan visi dan misi dari sutradara tersebut. Karena board inilah yang nantinya akan menjadi panduan saat shooting nanti.

Director’s board ini juga biasanya dilengkapi dengan dialog script atau over script yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing produksi video iklan. Selain director’s board, sutradara juga akan membuat director’s treatment. Yaitu panduan treatment untuk membantu perusahaan dan seluruh tim yang terlibat agar mudah memahami visi dan misi sutradara dalam produksi video iklan tersebut.

Director’s Treatment tersebut dapat terdiri dari referensi busana, referensi set ruangan, referensi tata rambut dan tata rias, referensi editing, referensi musik, referensi colour grading, foto lokasi shooting dan foto talent/artis yang akan berperan dalam video iklan tersebut.

Pada meeting pertama sutradara akan menjabarkan tentang treatment yang akan dijalani kepada perusahaan dan kru yang terlibat. Kemudian meeting terakhir untuk finalisasi storyboard dan treatment sebelum shooting.

Pada meeting yang pertama maupun yang terakhir perusahaan memiliki hak untuk memberikan masukkan. Masukan dari perusahaan biasanya berhubungan dengan produk yang akan dibuatkan iklan.

2. Proses Produksi

Iklan TVC adalah
pexels.com

Setelah final meeting dan perusahan juga sudah menyetujui storyboard dan treatment sutradara, maka proses selanjutnya dalam pembuatan iklan TVC adalah mengubah cerita menjadi visual.  Proses shooting video dilakukan pada tempat dan waktu yang sudah ditentukan dan disepakati bersama.

Pihak Production house akan memberikan jadwal dan call sheet pada perusahaan klien. Proses shooting iklan TVC adalah mengacu pada storyboard dan director’s treatment. Biasanya juga akan ada penyesuaian yang disesuaikan dengan kondisi lokasi shooting yang juga memungkinkan adanya improvisasi.

Pada saat proses shooting video iklan biasanya akan ada perwakilan dari perusahaan yang akan hadir dan akan mengikuti proses berjalannya shooting. Perwakilan perusahaan memiliki hak untuk memberi masukan kepada sutradara selama proses shooting.

Biasanya pihak perwakilan dari perusahaan akan memberi masukan yang berfokus pada produk placement.

3. Proses Pasca Produksi

Iklan TVC adalah
pexels.com

Setelah proses shooting selesai dan seluruh isi dari storyboard sudah diambil, tahap selanjutnya proses pembuatan iklan TVC adalah proses editing. Prosesnya dimulai dengan offline editing dimana frame dirancang sesuai dengan cerita yang ada di storyboard hingga sampai pada kesepakatan untuk picture lock.

Tahap editing selanjutnya adalah tahap online editing. Ini adalah tahap colour grading atau pewarnaan video. Selanjutnya tahab online editing video TVC adalah video akan ditambahkan visual effect seperti motion graphic, CGI (Computer-Generated Image), dan animasi 2D atau 3D jika memang diperlukan sesuai dengan konsep vedio.

Pada proses ini juga video akan ditambahkan voice over jika diperlukan. Selain itu, juga ada proses music scoring yang mengikuti referensi musik yang telah dibuat sutradara.

Dan tahap terakhir editing iklan TVC adalah tahap final mixing, yaitu untuk finalisasi audio. Finalisasi audio ini terdiri atas penambahan sound effect, penjernihan sound, dan penyesuaian volume. Pada tahap pasca produksi ini perwakilan dari perusahaan juga akan terlibat dalam prosesnya. Hal ini bertujuan untuk membantu supervisi video agar iklan dapat selesai dan sesuai dengan rencana awal.

Ini adalah tahap terakhir proses pembuatan iklan TVC. Video iklan yang sudah jadi dapat langsung ditayangkan. Berdasarkan tahapan-tahapan di atas dapat disimpulkan bahwa dalam sebuah proses produksi pembuatan iklan TVC memerlukan pemahaman dan ketelitian yang ekstra di dalamnya.

Hal ini agar pesan dalam iklan video TVC yang diproduksi dapat tersampaikan secara penuh dan benar kepada masyarakat umum.

Di era modern seperti ini iklan TVC adalah alat marketing yang cukup penting untuk sebuah brand atau perusahaan. Hal ini dikarenakan video dapat menarik lebih banyak konsumen dan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Sehingga dengan iklan video maka penjualan perusahaan akan meningkat. Jika Anda memiliki pertanyaan atau keperluan soal Jasa pembuatan video iklan, Anda dapat mengunjungi Jepret Production. Anda juga bisa mendapatkan informasi melalui akun Instagramnya.

Leave a comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Hubungi Kami!