Cara Mudah Untuk Memulai Live Streaming Bagi Pemula

Perkembangan teknologi memberi dampak yang positif. Live streaming salah satu perkembangan teknologi yang sudah tidak asing lagi. Ada cara untuk memulai live streaming dengan baik dan benar. Simak informasi berikut untuk mengetahui live streaming dengan baik.

Live streaming sudah cukup populer di kalangan masyarakat. Bahkan banyak jasa video yang memberikan skillnya untuk menambah penghasilan. Dengan begitu melakukan live streaming bisa dengan baik.

Cara Mudah Untuk Memulai Live Streaming Bagi Pemula
pexels.com

Cara Memulai Live Streaming Bagi Pemula

Jika Anda ingin mengadakan live streaming tetapi tidak tahu caranya, tidak perlu khawatir karena kami akan membahas mengenai hal tersebut. Simak caranya berikut ini!

Memilih Platform yang Akan Digunakan

Jika Anda ingin melakukan live streaming langkah pertama yang harus dipikirkan adalah memilih platform. Dengan perkembangan teknologi sekarang hampir semua sosial media bisa melakukan live streaming. Berikut ini yang sering digunakan untuk live streaming.

1. Facebook Live

Facebook bisa dibilang fleksibel, pengguna bisa menggunakan berbagai pilihan audio dan kamera. Selain itu pengguna bisa memprioritaskan life dalam Facebook dan fokus untuk konten video.

2. YouTube Live

Platform live streaming yang paling banyak digunakan adalah YouTube. Dengan menggunakan YouTube live pengguna bisa mengintegrasi video ke sosial media lain. YouTube live tersedia mobile serta desktop.

3. Instagram Live

Instagram merilis IGTV dan Instagram story, dengan hal ini menunjukkan bahwa mereka ingin menguasai market video mobile. Dengan fitur yang dikeluarkan mereka menginginkan engagement user di aplikasi Instagram meningkat. Jika melakukan live melalui Instagram, videonya bisa disimpan atau langsung posting ke IGTV dan Instagram stories.

Melakukan Persiapan Dengan Matang

Walaupun live dilakukan secara spontanitas, ada baiknya jika Anda mempersiapkan beberapa hal.

Cara Mudah Untuk Memulai Live Streaming Bagi Pemula 1
pexels.com

Mengatur Jadwal

Jika Anda sedang melangsungkan live dan orang yang menonton hanya sedikit, tetap lanjutkan video Anda. Pastikan Anda memulai live sesuai dengan jadwal yang sudah diatur. Muncul dengan tepat waktu supaya tidak mengecewakan orang yang sudah menunggu.

Menyiapkan Sesi Tanya Jawab

Berikan waktu sesi tanya jawab, di mana audience bisa memberi pertanyaan dan pembicara menjawab. Anda perlu untuk mengatur waktu dalam menjawab pertanyaan walaupun live streaming bukan presentasi formal.

Jangan Membatasi Waktu live

Tidak ada salahnya untuk melanjutkan diskusi, jika sudah mendapatkan pertanyaan yang menarik dari audience. Anda bisa meningkatkan segmen melalui konten yang lebih informatif dan menarik.

Mempromosikan Live Streaming

Jangan lupa untuk mempromosikan event Anda. Anggap bahwa event ini merupakan konferensi web yang paling bergengsi. Pilihlah topik yang bisa mengundang banyak orang agar menonton. Tidak ada salahnya jika Anda melakukan digital advertising melalui sosial media, Hal ini bertujuan untuk mencari peserta dengan mempromosikan topik dan pembicara yang akan hadir.

Memberi Konten Eksklusif

Cara agar peserta ingin bergabung dengan live streaming adalah dengan menawarkan berbagai konten eksklusif.

– Memilih informasi dari expired yang jarang dibahas.

– Mendapat diskon untuk pembelian produk bagi peserta live streaming.

– Resources yang bisa didapatkan atau mendownload jika mereka melakukan pendaftaran.

Tips Live Agar Seru dan Menarik

Cara Mudah Untuk Memulai Live Streaming Bagi Pemula
pexels.com

Agar live streaming Anda banyak dikunjungi, coba untuk menggunakan tips berikut.

Setting Tempat

Mengatur setting tempat dengan baik salah satu tips live streaming yang menarik dan seru. Biasanya menyeting tempat akan menyesuaikan dengan konten yang akan disiarkan.

Memperhatikan Angel Yang Diambil

Jika akan melakukan live streaming hal yang sangat mempengaruhi adalah angel. Sesuaikan Angel agar enak di lihat oleh penonton baik dari background atau wajah Anda.

Memilih Konten yang Menarik

Pemilihan konten yang menarik bisa mengundang banyak orang. Misalkan Anda bisa menggunakan konten mengenai travelling, fashion, tempat makan, kecantikan, film, cerita horor atau tempat tongkrongan.

Happy

Jika ingin melakukan siaran langsung ada baiknya menggunakan wajah yang ceria dan happy. Hal ini dikarenakan wajah ceria dan happy sangat menarik perhatian banyak orang untuk menonton video streaming tersebut. Coba bayangkan jika Anda melakukan live streaming dengan wajah yang tidak semangat, terkesan tidak niat atau terlihat lelah, maka dipastikan tidak ada orang yang tertarik untuk melihat siaran langsung hingga akhir.

Melakukan Interaksi

Memulai Live Streaming
howtostartanllc.com

Saat melangsungkan live streaming, sebisa mungkin usahakan melakukan interaksi aktif kepada semua audien. Karena, hal ini dapat menjalin hubungan baik antara penyiar dan penonton.

Memperhatikan Penampilan

Hal yang paling utama saat melakukan live streaming adalah memperhatikan penampilan. Anda harus menampilkan gaya terbaik agar menarik perhatian penonton. Hal ini dikarenakan cover yang menarik maka konten siaran langsung akan membuat orang melihat hingga akhir.

Media yang Mumpuni

Saat ini jika ingin melakukan live streaming sangat mudah karena banyak platform yang menyediakan. Tetapi ada baiknya anda menggunakan media streaming saat ingin siaran langsung. Media streaming yang bisa digunakan adalah prisma multimedia yang sudah dilengkapi berbagai fitur layaknya produksi televisi.

Jika Anda memulai live streaming bertujuan untuk menawarkan dagangan pastikan untuk memberi diskon yang menarik. Hal ini sangat membantu agar live streaming yang Anda jalankan banyak yang melihat. Anda juga bisa menggunakan jasa live streaming agar lebih mumpuni. Jepret Production menawarkan jasa video yang siap membantu Anda.

Related Posts

Leave a comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi Kami!