Bagaimana Cara Menjadi Produser Film?

Bagaimana Cara Menjadi Produser Film?

Pada dasarnya profesi produser film bekerja bertanggung jawab mengawasi serta ikut serta dalam pembuatan film, iklan maupun video-video lainnya dari awal hingga akhir untuk mengembangkan materi pada suatu program. Tanggung jawab bagi produser lainnya yaitu sebagai penulis untuk menuangkan ide yang dimilikinya. Selanjutnya budget produksi dari film, mengawasi proses produksi dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara Menjadi Produser Film

Cara Berprofesi Menjadi Produser

Tentunya untuk menjadi seorang produser film Anda harus minimal memiliki pendidikan strata 1 pada bidang Film dan Televisi, Ilmu Komunikasi atau jurusan lainnya yang relevan. Jurusan-jurusan tersebut paling diminati pada dunia perfilman karena pada saat perkuliahan mempelajari teknik-teknik serta pengetahuan mengenai cara pembuatan program serta lain sebagainya. Waktu tempuh empat tahun masa perkuliahan Anda akan belajar mengenai menulis skrip, editing, serta teori yang dilakukan saat akan pembuatan film.
Gaji produser di Indonesia sendiri mulai dari 4 juta hingga 6 juta setiap bulannya. Karena tugas dari produsen cukup penting maka dengan gaji tersebut menguntungkan bagi pekerja tersebut. Apalagi jika mendapat tambahan karena kerjaan yang dilakukan baik dan memiliki kemampuan yang profesional.
Beberapa tipe produser film yang perlu Anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Executive Producer

Executive Producer merupakan jabatan yang tertinggi pada sebuah produksi film yang bertugas mengawasi semua produser bekerja dengan baik atau tidak. Tidak hanya itu saja, pada bagian ini juga bertugas untuk mencari dana yang akan dibutuhkan dalam keperluan bisnis film yang akan dikerjakan. Executive producer bekerja dari studio atau production house Anda juga dapat membuka website https://jepretproduction.co.id/ yang merupakan production house yang terletak di Bekasi, Jawa Barat Indonesia.

2. Produser

Tugas dari produser yakni menyusun dan membuat rancangan produksi pemasaran film, mengawasi semua unit agar produksi film yang dimuat dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang telah direncanakan sejak awal. Pekerjaan produser juga akan sering bekerja dengan sutradara.

3. Co-Produser

Co-produser merupakan orang yang bertanggung jawab pada produser lainnya. Co-produser bertanggung jawab lebih kepada serta memiliki pengaruh besar kepada film serta menjadi orang yang membawa naskah dan bintang film pada sebuah proyek.

4. Line Production

Tugas daripada line production yaitu menghandle administrative serta operasional pada sebuah film, mengawasi anggaran agar sesuai dengan dana pada anggaran awal.

5. Unit Production Manager

Pada posisi ini bekerja secara langsung dengan line production yang memiliki tugas melakukan deal harga, melakukan negosiasi dan lain sebagainya agar sesuai dengan rencana anggaran di awal.
Sama halnya seperti Jepret Production yang mana mereka menggunakan tim yang berpengalaman serta berpegang teguh dengan komitmen 3C antara lain cepat merespon, cepat bertindak, serta cepat menyelesaikan.

Baca Juga :   Hard Skill Penting yang banyak dibutuhkan di tahun 2020.
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi Kami!