Penjelasan Medium Shot dalam Pengambilan Gambar

Penjelasan Medium Shot dalam Pengambilan Gambar

Hal pertama yang perlu diperlakukan ketika akan melakukan komunikasi menggunakan elemen visual, penting untuk memperhatikan jenis type shot yang efektif. Hal ini juga penting bagi penulis, sutradara, operator kamera, dan sinematografer terutama ketika akan membahasakan ukuran subjek dalam bingkai. Artikel ini akan mengulas salah satu medium shot dan efek yang akan ditimbulkan.
Ada banyak cara di mana Anda dapat membingkai subjek Anda, dari melihat seluruh tubuhnya hingga hanya matanya. Secara umum, kita dapat membaginya menjadi tiga ukuran bidikan utama: Long Shot, Medium Shoot dan Close Up. Long shot (juga biasa disebut wide shot) menunjukkan subjek dari jarak jauh, menekankan tempat dan lokasi, sedangkan Close Up mengungkapkan detail subjek dan menonjolkan emosi karakter. Medium shoot berada di antara keduanya, menekankan pada subjek sambil tetap menunjukkan beberapa lingkungan sekitar.

Medium Shot

Medium Shoot menampilkan bagian dari subjek secara lebih rinci. Untuk seseorang, bidikan sedang biasanya membingkai mereka dari sekitar pinggang ke atas. Ini adalah salah satu bidikan paling umum yang terlihat dalam film, karena berfokus pada karakter (atau karakter) dalam sebuah adegan sambil tetap menunjukkan beberapa lingkungan. Medium Shoot adalah jenis bidikan kamera dalam film dan televisi yang memperlihatkan seorang aktor kira-kira setengah badan. Medium Shoot digunakan untuk menekankan aktor dan lingkungan mereka dengan memberi mereka kehadiran yang sama di layar. Sutradara, fotografer atau DOP menggunakan bidikan medium untuk menunjukkan dengan jelas wajah dan emosi aktor sambil tetap memberi tahu penonton tentang apa yang terjadi di sekitar mereka.
Berikut beberapa alasan sutradara dan sinematografer memilih menggunakan medium shoot:
Medium Shoot secara umum dapat menangkap detail dan ruang lingkup.
Jenis shot ini menyoroti detail karakter dan pengaturan pada saat yang bersamaan. Medium Shoot menunjukkan aktor sambil tetap menghadirkan mereka dalam konteks dunia mereka.
Medium Shoot dapat menangkap beberapa aktor sekaligus.
Jarak kamera medium cocok untuk menangkap sekelompok aktor. Medium Shoot sangat berguna saat merekam dialog karena dipangkas untuk menyertakan banyak orang tetapi dipangkas cukup dekat untuk mengungkapkan reaksi aktor terhadap percakapan.
Medium Shoot digunakan meningkatkan bahasa tubuh.
Long Shot terlalu jauh untuk mendeteksi kehalusan bahasa tubuh, dan bidikan close-up memotong sepenuhnya. Medium Shot adalah jarak ideal untuk menangkap pilihan fisik aktor yang halus.
Medium Shoot digunakan untuk beralih kembali ke jenis bidikan yang lain.
Memotong dari Long Shot ke bidikan close-up yang ekstrem tanpa bidikan perantara sangat mengejutkan penonton. Medium Shot bertindak sebagai batu loncatan di antara jenis shot dan memungkinkan transisi yang lebih mulus.
Medium Shoot digunakan untuk membiarkan para aktor memainkan setting mereka.
Ketika sebuah naskah meminta seorang aktor untuk menggunakan properti atau berinteraksi dengan lingkungan mereka, seorang sutradara biasanya menggunakan medium shot untuk menempatkan penekanan yang sama pada karakter dan lingkungan mereka.

Nah itulah penjelasan singkat tentant medium shot, semoga bermanfaat. Salam JEPRET PRODUCTION

Leave a comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Hubungi Kami!