Pengertian Green Screen

Green screen adalah yang sebuah layar yang berwarna hijau. Hal itu yang penting dalam penerapan efek video dan teknologi. Anda dapat membuat sebuah objek dengan virtual background atau latar belakangnya. Pastinya yang penuh manipulasi animasi digital. Efek visualisasi tersebut yang berguna dalam pembuatan karakter.

Pengertian Green Screen
Ilustrasi green screen adalah. Foto: Ist/Net

Seperti halnya Superhero terbang dengan latar belakang langit di sekitarnya. Bahkan nantinya akan membuat dunia fantasi. Nah, untuk melakukan semua itu memerlukan sebuah benda hijau. Benda hijau tersebut yang dapat dikenal dengan sebutan “Green Screen”.

Pengertian Green Screen Adalah

Pengertian Green Screen

Apabila melihat dari asal katanya, green screen memang memiliki arti layar hijau. Green screen memiliki pengertian yang merujuk pada bagian latar belakang atau background. Hal tersebut yang digunakan pada pengambilan gambar atau video yang berwarna hijau. Sudah sejak dahulu, penggunaan green screen hanya dalam pembuatan video skala besar. Seperti pembuatan film atau siaran berita ramalan cuaca.

Background aslinya yang dapat dimanipulasi menjadi background digital. Tentunya dengan memberi efek visual sesuai konsep yang diinginkannya. Adanya teknologi ini, Anda dapat dengan mudah membangun setting. Selain itu properti tempat yang tidak mungkin ada di bumi. Namun hanya dengan sentuhan tangan ajaib para video editor dapat dilakukan. 

Teknik green screen atau chroma key adalah teknik penggabungan dari dua buah gambarnya yang tampak berbeda. Sehingga akan menjadi satu kesatuan yang dibuat dengan kamera videonya. Apabila menggunakan teknik kunci kroma atau green screen. Maka akan menghasilkan sebuah video yang lebih bagus dan akan lebih luas dalam mengeksplorasi latarnya. Terkadang yang kelihatannya tidak mungkin untuk diambil secara langsung dalam pembuatan film tersebut.

Kini sudah banyak film-film terkenal yang menggunakan teknik chroma key ini. Sehingga akan mempercanggih tampilan filmnya. Seperti halnya yang sering terlihat, pada latar sebuah tempat asing yang tidak pernah terlihat serta latar luar angkasa. Selain itu latar di tengah lautan yang terombang-ambing dan masih banyak lagi.

Pentingnya keberadaan layanan jasa video saat ini. Layanan jasa yang menerima segala hal yang berhubungan dengan pembuatan videonya hingga pada hasil akhirnya. Bagian film tersebut yang hanya diambil dalam sebuah ruangan yang dengan latar hijau. Namun  akan menjadi sebuah tayangan film yang nantinya akan membius dan memukau mata penontonnya.

Mengapa Green Screen Warnanya Hijau?

Pengertian Green Screen

Saat melihat di berbagai video atau pembuatan film, seringkali tampak menggunakan kain hijau sebagai backdrop gambar. Hal ini mungkin menjadikan pertanyaan bagi orang yang belum memahami konsep green screen. Secara umum green screen adalah layar yang berwarna hijau. Namun ada juga yang menggunakan warna lainnya yaitu biru. Sebenarnya, saat penggunaan pertama kali teknik pengubahan chroma key memang menggunakan layar berwarna biru.

Berbeda dengan saat ini, kebanyakan lebih menyukai penggunaan warna hijau sebagai layarnya. Warna hijau lebih dipilih karena warna tersebut tidak menyerupai warna kulit. Sehingga dapat memudahkan editor untuk melakukan penyuntingan terhadap latar videonya. Selain itu pada penyuntingan karakter imajiner lainnya yang ingin ditambahkan.

Green screen adalah layar dengan warna hijau juga lebih populer dibandingkan layar berwarna biru. Hal itu karena sensor pada alat pengambil gambar atau videonya lebih peka terhadap warna hijau. Anda tidak perlu menggunakan tambahan cahaya, apabila menggunakan layar berwarna hijau. Bahkan warna hijau lebih mudah dalam hal penyinaran menggunakan pencahayaan buatan. Sehingga tidak memerlukan pencahayaan yang terlalu banyak, seperti halnya warna lainnya.

Hubungan Green Screen dengan Chroma Key

Pengertian Green Screen

Hal ini memang berhubungan dengan psikologi warna. Sebenarnya manusia memiliki sensor kepekaan terbilang tinggi dengan tiga warna, seperti merah, hijau, dan biru. Salah satunya adalah green screen dengan warna hijau. Beberapa warna tersebut yang disebut dengan kelompok warna RGB. Warna ini yang kemudian dibentuk menjadi tiga koordinat warna, yaitu hue, saturation, dan value. Apabila Anda memiliki aplikasi edit foto di ponsel, pastinya terdapat fitur-fitur tersebut.

Warna dari Hue dan Saturation ini termasuk dalam kategori chrominance atau biasanya menyebutnya dengan chroma. Sedangkan warna-warna terang dan hangat seperti halnya warna kulit. Warna tersebut termasuk dalam kategori luminance atau biasa menyebutnya dengan luma. Nah, dari hal tersebut muncul dengan adanya teknik chroma key.

Secara definisi, chroma key merupakan efek visual yang digunakan pada tahap pasca produksi. Untuk dapat mengkomposisikan dua gambarnya atau lebih secara bersamaan. Sehingga  warna hijau menjadikan paling cocok sebagai backdrop gambar. Hal itu karena warna hijau termasuk dalam warna chrome.

Kini adanya green screen adalah sebuah layar berwarna hijau yang biasa digunakan dalam pada pengambilan gambar atau video. Adanya teknologi ini, Anda dapat dengan mudah membangun setting. Jepret Production adalah Rumah Produksi atau yang biasa disebut Production House yang menawarkan beberapa layanan jasa pembuatan video. Tentunya dengan hasil akhir yang sangat maksimal, menarik, serta memberikan kualitas yang terbaik.

Related Posts

Leave a comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi Kami!