Inilah Fungsi Green Screen Dalam Pembuatan Video

Fungsi green screen pada saat mengedit video memanglah suatu hal yang sangat penting, apalagi pada proses pembuatan film. Perlu Anda ketahui film luar negeri banyak sekali yang menggunakan green screen. Maka dari itu gambar yang ditampilkan akan terlihat nyata, misalnya seperti keadaan di luar angkasa atau di planet lain selain di bumi.

Lalu mengapa harus warna hijau? Kenapa tidak warna merah atau kuning atau yang lainnya? Nah, di artikel ini, kita akan membahas seputar fungsi dari green screen. Jadi untuk Anda yang ingin tahu soal green screen. Artikel ini rekomendasi sekali untuk dibaca.

Inilah Fungsi Green Screen Dalam Pembuatan Video
theconversation.com

Berikut Pengertian dan Fungsi Green Screen

Warna hijau dipilih karena warna tersebut tidak menyerupai warna kulit manusia. Jadi cara tersebut akan membuat video semakin tampak nyata dan editannya juga tidak terlihat. Green screen saat ini sudah digunakan oleh berbagai kalangan. Karena saat ini banyak aplikasi-aplikasi yang sudah mendukung fitur green screen.

Teknik ini sering juga disebut dengan teknik kunci kroma atau biasa dalam aplikasi bertuliskan chroma key. Dengan menggunakan teknik ini Anda dapat menggabungkan 2 gambar menjadi 1. Nantinya salah satu gambar tersebut akan menjadi tembus pandang sehingga gambar kedua akan terlihat. Jadi, cara ini akan memberikan Efek seolah-olah kedua gambar atau video tersebut ada dalam satu frame yang sama.

Sebenarnya tidak hanya green screen saja namun ada juga yang menggunakan blue screen atau warna biru. Sebelum menggunakan green screen, orang-orang banyak yang menggunakan blue screen. Namun, ketika semua orang sudah menyadari bahwa mengedit video menggunakan green screen lebih sempurna daripada blue screen, mereka langsung memilih green screen untuk membuat atau mengedit foto dan video.

Fungsi Green Screen Dalam Proses Pembuatan Video

Inilah Fungsi Green Screen Dalam Pembuatan Video
manycam.com

Ada banyak manfaat green screen dalam pembuatan video. Apalagi saat ini sudah zamannya YouTube. Jadi banyak orang yang ingin belajar mengenai cara mengedit video supaya terlihat perfect dan juga terlihat berkualitas saat diupload di YouTube atau di forum manapun. Green screen mempunyai peran yang sangat penting dalam pembuatan film. Nah, diantaranya adalah sebagai berikut:

Untuk Mengganti Latar Belakang

Inilah Fungsi Green Screen Dalam Pembuatan Video
studiobinder.com

Pada saat Anda membuat video menggunakan latar belakang green screen nantinya Anda dapat merubah latar belakang video anda sesuai dengan yang anda inginkan. Latar belakang hijau ini nantinya akan dihilangkan dan diganti dengan gambar lain atau dapat juga dirubah dengan warna lain sesuai dengan rencana pembuatan film.

Menciptakan Ilusi Bagi Pemain Film

Dengan menggunakan background green screen pemeran dapat menciptakan sebuah ilusi sesuai dengan keinginan sutradara. Ilusi tersebut dapat berupa menghilang atau au berimajinasi seperti sedang berada di luar angkasa, gurun, laut lepas, dan lain sebagainya.

Tentunya hal ini dapat meminimalisir tempat dan cara pengeditannya pun juga tidak mudah. Jika ingin membuat film namun Anda tidak bisa dalam pengeditannya Anda bisa menggunakan jasa video untuk menciptakan film Anda menjadi lebih fantastis.

Dapat Menciptakan Efek Visual

Inilah Fungsi Green Screen Dalam Pembuatan Video
fxguide.com

Fungsi green screen berikutnya adalah dapat memberikan Efek visual tertentu. Hal ini dapat berkaitan dengan pengisian latar belakang menggunakan gambar lain sesuai dengan naskah yang telah ditentukan. Setelah digabungkan dengan gambar lain makan nantinya akan tampak suatu tampilan yang lebih hidup.

Misalnya, orang dalam film berhasil selamat dari sebuah kebakaran yang sedang membakar habis sebuah bangunan padahal faktanya itu tidak bisa dilakukan dalam dunia nyata. Hal tersebut dapat membuat film menjadi lebih nyata di dunia visual. Anda dapat menciptakan video seperti ini melalui jasa Jepret Production yang bergerak dalam industri pembuatan video atau yang biasa disebut Production House dan Anda juga akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa pada proses pembuatan video atau film.

Memudahkan Proses Penyuntingan

Fungsi green screen juga berefek pada mudahnya proses penyuntingan. Seperti yang sudah diketahui bahwa tujuan utama green screen adalah menonjolkan sebuah objek utama dalam melakukan blocking terhadap latar belakang sehingga proses penyuntingan dapat dengan mudah dilakukan. Penyuntingan menggunakan background green screen lebih mudah daripada warna lainnya.

Dapat Menghemat Biaya Produksi

Selain beberapa fungsi di atas, dengan menggunakan garis kirim dapat juga menghemat biaya produksi sebuah film. Selain itu itu Anda juga dapat membuat iklan produk atau apapun menggunakan green screen tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Karena jasa editing biasanya akan mengeluarkan sedikit biaya yang lumayan.

Jadi, green screen sangat membantu sebuah kesuksesan pada film tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Dengan menggunakan green screen Anda dapat melakukan apapun tanpa harus keluar ruangan seperti pada film-film luar negeri, yang berakting di luar angkasa atau di tengah laut lepas. Nah film tersebut sebenarnya diperankan di dalam sebuah ruangan yang serba hijau.

Jadi seperti itulah fungsi green screen dalam sebuah film atau video. Jika Anda ingin membuat film atau iklan produk tetapi belum tahu caranya, Anda dapat menggunakan jasa jepret production untuk membuat video Anda semakin menarik.

Related Posts

Leave a comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi Kami!