Jl. Sunan Bonang III Blok E2 No 16 Bahagia Babelan Bekasi 17610

Tips Menghindari Konflik Saat Bikin Film

Tips Menghindari Konflik Saat Bikin Film

Halo guys, disini siapa yang punya hobby membuat film? Membuat film memang suatu hal yang seru untuk dikerjakan, namun dibalik itu tidak sedikit konflik yang terjadi ditengah-tengah produksi film. Terutama bagi kalian yang sering membuat film bersama teman-teman kalian pasti pernah mengalami yang namanya konflik selama proses produksi.

PERBEDAAN HORROR THRILLER DAN MYSTERI

Nah sekarang ini mimin mau share nih, gimana cara mengatasi konflik pada saat kalian tengah dalam produksi film bersama teman-teman kalian, gak perlu lama-lama
langsung kita simak ya, cekidot.

 

1. Memaksimalkan semua sumber daya dan juga dana.
Bikin film bareng teman menyita berbagai sumber daya, termasuk uang. Uang selalu saja menjadi isu sensitif. Oleh karena itu, penting untuk menyepakati jumlah uang yang akan kalian keluarkan untuk satu produksi. Selain itu, kalian juga perlu menyepakati sumber uang tersebut: dari tabungan kalian sendiri kah, dari orangtuakah?

Saran mimin adalah manfaatkan sumber daya yang kalian miliki. Di produksi komunitas seperti ini, penting untuk sadar menghitung dan mendaftar sumber daya yang kalian miliki. Misalnya: kamu memiliki kamera Canon 6D, lalu temanmu memiliki dua buah lampu soft-box, lalu ternyata temanmu yang lain memiliki lensa 50mm. Buatlah daftar sumber daya yang kalian miliki.

BACA JUGA : PERBEDAAN HORROR THRILLER DAN MYSTERI

2. Saling mengenal kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Yang menarik dari pembuatan film adalah kepribadian kru yang unik dan tak sama satu sama lain. Ini berlaku pula ketika sedang bikin film bareng teman. Kalian akan bekerjasama dengan berbagai kepribadian yang beranekaragam. Oleh karena itu, pahamilah dan kenalilah temanmu secara lebih dalam.

Sebelum mengenali temanmu, kamu harus lebih dulu mengenal dirimu. Pelajari apa saja yang menjadi kekuatanmu. Bidang apa yang paling kamu kuasai dan kontribusi apa yang bisa kamu sumbangkan untuk tim. Ingatlah kalian bekerja sebagai tim, oleh karena itu kepentingan tim mesti lebih diutamakan daripada ego pribadi. Jika ada hal yang kalian rasa peru dibicarakan, segera dibicarakan, karena percayalah kalian akan berhadapan dengan banyak hal lain di lokasi. Selesaikan masalah sedini mungkin.

3. Kesepakatan bersama saat pembagian Job Desk.
Ada berbagai peran dalam susunan kru film. Yang mau kami utarakan adalah, penting sekali bagi komunitas film yang ingin melakukan produksi film, untuk duduk bersama dan berbagi tugas sejak dini. Selain itu, pelajarilah dan sepakatilah pula apa yang menjadi tugas masing-masing (job description). Bahas dan sepakatilah hingga hal-hal detil karena , misalnya: siapa yang bertugas melakukan backup data, siapa yang bertugas mengganti lensa, dsb

 

Nah itu dia guys Tips Menghindari Konflik Saat Bikin Film

Jika Kalian Suka dengan Artikel ini Silahkan Like, Coment & Share Article ini. Salam Jepret Prodution

Semoga Bermanfaat.

Related Posts

Leave a comment

× How can I help you?