Apa Itu Establishing Shot dalam Pengambilan Gambar

Apa Itu Establishing Shot dalam Pengambilan Gambar

Yang paling membedakan sebuah film, ludruk, drama, video, dan teaterikal adalah bagaimana seorang videographer dapat memanipulasi apa yang nantinya dilihat oleh audience-nya. Dalam menonton bioskop maupun film di hp atau laptop, Anda hanya akan melihat apa yang videografer inginkan untuk Anda lihat.
Di beberapa scene mungkin Anda akan melihat dengan detail bagaimana ekspresi sedih seseorang yang baru ditinggal oleh anggota keluarganya. Atau di scene lain Anda akan melihat sebuah area pegunungan yang luas. Perbedaan sudut pandang, subjek, dan jarak yang terdapat di dalam frame inilah yang mengatur jalannya cerita visual di dalam pikiran kita. Dan ini yang kita sebut dengan type shot size.
Yang paling sering digunakan adalah establishing shot. Establishing shot adalah shot yang hampir selalu berada di awal sebuah rentetan scene. Silakan simak ulasan berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Establishing shot adalah salah satu shot yang sangat penting

Apa Itu Establishing Shot

Establishing shot adalah salah satu shot yang sangat penting dalam dunia videografi, biasanya dijadikan adegan pembuka untuk sebuah cerita video. Shot ini memberitahui penonton di mana dan terkadang menunjukkan kapan adegan berikutnya akan terjadi. Banyak pembuat video yang mengabaikan potensi kreatif dari adanya shot ini dikarenakan hanya nampak seperti informasi sederhana yang ingin disampaikan.
Establishing shot sendiri berasal dari singkatan establish yang artinya pengambilan gambar secara penuh, atau terlihat secara keseluruhan. Biasanya pengambilan gambar dilakukan dari jarak yang jauh sehingga gambar akan terlihat kecil. Contohnya jika kita ingin memasuki setting sebuah kamar yang terdapat di dalam rumah sakit, biasanya kita beri dulu establish gedung rumah sakit secara keseluruhan. Namun, jika tempat itu ternyata sudah diperlihatkan secara menyeluruh, maka tidak perlu ada establish berulang kali.
Baca Juga :   5 Langkah Memulai Production House Sendiri

Kapan Establishing Shot Lokasi Tidak Dibutuhkan?

Rekaman establishing shot adalah seringkali cukup sederhana dan tidak menarik. Rekaman ini hanya untuk mengidentifikasi suatu lokasi. Namun, ini adalah aturan yang bisa untuk diabaikan. Misalnya superman vs batman, film itu memperoleh kritikan akibat sering tidak mengidentifikasi lokasi dari suatu adegan dan kurang adanya rekaman adegan pembuka. Tentunya hal tersebut membuat audiens menjadi bingung dan itu membuat perhatian penonton keluar dari narasi.

Penggabungan Adegan

Dalam sebuah film-film yang modern, establishing shot dibuat dengan menggabungkan cerita dalam pengambilan suatu gambar itu sendiri. Contohnya saja untuk serial FX TV Fargo, setelah menampilkan tampilan pengambilan gambar klasik gedung, lokasi dapat langsung di potong ke kantor di mana seorang pekerja yang terlihat sangat khawatir. Tapi kita belum dapat mengetahui apa yang menyebabkannya stres seperti itu. Alur dari gambar tersebut mengajak kita untuk masuk ke dalam alur cerita si tokoh. Semoga Bermanfaat, Salam JEPRET PRODUCTION.

×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi Kami!