Penjelasan Medium Close Up Shot Dalam Pengambilan Gambar

Penjelasan Medium Close Up Shot dalam Pengambilan Gambar

Banyak sekali teknik yang wajib dipahami dalam dunia fotografi ataupun videografi. Selain dituntut untuk memahami angle kamera, Anda juga harus memahami berbagai type shot dalam framing kamera. Framing adalah bagaimana cara Anda menempatkan foreground (objek) dan background pada sebuah bingkai.

Penjelasan Medium Close Up Shot dalam Pengambilan Gambar

Tujuan dari memahami teknik ini adalah agar video ataupun foto yang dihasilkan tidak terlihat tanggung dalam penempatan di bingkai nantinya. Nah, yang biasanya sering didengar adalah istilah medium close up shot. Eits jangan salah, ternyata tidak hanya itu saja loh. Masih ada berbagai tipe lagi. Oleh karena itu, daripada bingung mimin JEPRET PRODUCTION kasih tau nih, yuk kita bahas!

1. Long Shot

Teknik long shot merupakan teknik pengambilan gambar yang dilakukan dari jarak jauh. Pada objek manusia dapat untuk menampilkan 2-3 orang dengan menampilkan seluruh badan. Long shot dapat membuat area di sekitar objek lebih sempit dibandingkan dengan extreme long shot.

2. Extreme Long Shot

Teknik ini disebut juga dengan very long shot yang merupakan pengambilan gambar yang hanya menampilkan area di sekitar objek secara luas dan bahkan dapat dikatakan sangat luas. Extreme long shot berfungsi dalam menampilkan pesan yang ingin disampaikan melalui area yang terdapat disekitar objek.

3. Big Close Up

Teknik big close up hanya akan mengambil bagian wajah secara lebih terperinci pada objek manusia tanpa menghiraukan bagian wajah yang nantinya sedikit terpotong di frame. Hal tersebut berguna agar ekspresi wajah dapat terekspos lebih dekat untuk ditampilkan.
Cakupan dari area big close up sendiri lebih sempit dari close up. Hal itu berguna dalam menghasilkan efek yang lebih dramatis. Dengan bidikan kamera jarak dekat yang nantinya dapat memperlihatkan dengan lebih detail kerutan di wajah.

4. Close Up

Close up adalah teknik shot yang menggambarkan objek manusia hanya sebatas atas kepala hingga bahu, sehingga gambar terlihat lebih dekat. Teknik close up berfungsi dalam menampilkan ekspresi wajah seseorang ataupun mengidentifikasi karakter.

5. Medium Shot

Teknik ini disebut juga dengan mid shot, hanya mengambil beberapa bagian objek secara rinci. Pada objek manusia akan mengambil sebatas atas kepala hingga pinggang.
Medium shot berfungsi dalam menampilkan detail bagian tubuh untuk lebih jelas dibandingkan dengan menampilkan seluruh badan.

6. Medium Close Up Shot

Teknik yang pertama yaitu medium close up shot yang merupakan gabungan antara teknik medium shot dan close up. Pada objek manusia, teknik ini akan mengambil bagian objek hanya sebatas dada hingga atas kepala. Teknik medium close up shot merupakan pengambilan gambar dengan bidikan kamera jarak menengah, namun dapat mencakup area yang lebih sempit. Teknik ini berguna dalam mempertegas gambar profil.

Baca Juga :   Mitos atau fakta untuk dapat hasil bagus, harus punya kamera mahal.
×

Powered by WhatsApp Chat

× Hubungi Kami!